Tuesday, August 2, 2016

GARNISH DARI TOMAT

Garnish adalah hiasan yang digunakan untuk makanan yang umumnya bisa dimakan dan dibuat sedemikian rupa sehingga menunjang penampilan suatu hidangan, sekaligus menggugah selera makan seseorang. Garnish akan terlihat cantik dan menarik karena bentuk – bentuknya yang beragam, oleh karena itu perlu latihan khusus untuk membuatnya dan dilakukan berulang – ulang sampai terampil dan terlihat menarik.

Pengertian Garnish

Garnish adalah hiasan yang digunakan untuk makanan maupun minuman yang umumnya bisa dimakan dan dibuat sedemikian rupa sehingga menunjang penampilan suatu hidangan, sekaligus menggugah selera makan seseorang.


Nah, dikesempatan kali ini, agar anda bisa mengaplikasikan cara membuat garnish dengan bentuk unik seperti bentuk bunga mawar dengan metode dan bahan yang mudah serta bisa anda aplikasikan dirumah.   dengan menyimak tutorial food art cara membuat garnish bunga mawar kali ini, anda akan dapat dengan mudah membuatnya sendiri dirumah. Namun sebelum kita bahas langkah-langkahnya, terlebih dulu kita simak bahan dan alat apa saja yang harus dipersiapkan.

Inilah Dia Bahan Dan Alat Yang Harus Dipersiapkan

  • 1 buah tomat berukuran besar
  • 1 buah pisau ukir kecil/ pimes
  • 1 buah piring/alas
  • 1 buah talenan
Apabila bahan dan alat yang disebutkan diatas sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya barulah anda bisa menyimak tata cara yang akan dijelaskan pada tutorial food art kali ini.

 MAWAR TOMAT

1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mengambil buah tomat yang sudah dipersiapkan, letakan diatas tatakan/talenan dan kuliti buah tomat dengan cara melingkar. Ambil satu arah dari bagian atas kebawah dan mulai mengulitinya secara melingkar. Saat menguliti tomat, ada baiknya anda dianjurkan untuk melakukannya secara perlahan, selain itu jaga ketebalan saat menguliti agar tetap sama dan kulit tidak putus ditengah-tengah.

2. Mulailah menggulung dengan cara ...Awali dari ujung ke ujung hingga membentuk gulungan yang agak mekar seperti bunga mawar.

Hasilnya.... 






hias dengan daun seledri.....


ANGSA TOMAT:

Caranya :
Potong tomat seperti gambar
Ukit untuk ekor
Saambung sambung dengan tusuk gigi... 
Hasilnya....